Bandros
Apa Itu Bus Bandros?
Bandros disini bukan makanan tradisional khas Sunda, namun kepanjangan dari Bandung Tour on The Bus. Ini adalah bus tingkat di Kota Bandung yang disediakan oleh pemerintah Kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling kota Bandung. Bandros diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil bertepatan dengan malam tahun baru 2014.

Bus wisata ini melayani para wisatawan di kota Bandung secara gratis.  Bandros juga merupakan bentuk Corporate Social Responsibility dari Perusahaan yang bekerjasama dengan pemerintah kota Bandung. Bus wisata ini berkapasitas kurang lebih 30 orang ini dimaksimalkan di lantai dua, sementara di lantai satu hanya ada 6 kursi bulat, kursi panjang, lalu ada balkon di luar yang bisa dipakai turis untuk berdiri.

Selain mengantar para wisatawan ke tempat-tempat wisata yang ada di Bandung, bus wisata ini diharapkan bisa mengurangi penggunaan mobil pribadi sehingga bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di kota Bandung.
Fasilitas Bandros

Salah satu fasilitas yang disediakan di dalam bus adalah alat GPS agar wisatawan mengetahui posisinya sedang berada dimana. Selain GPS, bus ini juga dilengkapi dengan pusat data dan informasi sehingga memudahkan wisatawan mengakses seluk beluk Kota Bandung. Bus ini juga dapat digunakan secara gratis asal wisatawan dapat menunjukkan struk belanja di Kota Bandung

Secara fisik, Bandros memiliki panjang 747 cm dan tinggi 315 cm serta lebar 210 cm. Di tingkat bawah, ada sejumlah kursi bulat dan kursi panjang dengan kapasitas 12 orang dan mampu memuat 20 penumpang berdiri sedangkan di tingkat atas, tersedia 24 kursi penumpang. Sopir dan kondektur Bandros diberi pakaian dengan desain khusus sehingga membuat wisatawan semakin tertarik menggunakan bus ini.

Informasi Naik Bus Bandros

1. Jam Operasional Bus Bandros
Beroperasi setiap hari kecuali Jumat  1 hari maksimal 8 rit/hari mulai pukul 08.00.
1 rit = 60 – 90 menit (tergantung situasi jalan).

2. Tempat tiket dan Halte
Booth tiket dan halte Bus Bandros pindah ke Alun-Alun Bandung (depan Gedung Pendopo). Penumpang naik dan turun di Alun-Alun (tidak boleh turun di jalan).

3. Kapasitas:
Bandros merah: 40 tempat duduk
Bandros kuning: 50 tempat duduk

4. Rute Perjalanan Bus Bandros
Alun-Alun – Jln. Banceuy – Jln. Braga – Jln. Lembong – Jln. Sunda – Jln. Banda – Jln. Diponegoro – Jln. Dago – Jln. Kepatihan – Alun-alun.