Merasakan Keindahan Kawah Putih Bandung

,
Merasakan Keindahan Kawah Putih Bandung

Kawah Putih adalah salah satu objek wisata eksotis di Jawa Barat yang masih menjadi tempat favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun manca negara.Terletak di dataran tinggi kawasan Bandung Selatan atau yang lebih dikenal dengan Ciwidey, Kawah Putih merupakan kawah hasil erupsi Gunung Patuha antara abad ke-10 dan 12. Terletak di ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara berkisar antara 8 – 22 derajat Celcius.

Tempat yang memukau ini ditemukan pada tahun 1837 oleh seorang ahli botani kelahiran Jerman yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) yang sedang melakukan penelitian di tempat tersebut.

Keunikan Dari Kawah Putih

Kawah Putih memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kawah-kawah lainnya. Air yang terdapat di kawah dapat berubah warna dari warna turkis (hijau kebiru-biruan) ke warna yang sesekali seperti susu coklat. Paling sering, Anda akan menemukan warna putih bersih, dengan kabut tebal yang melayang-layang di atasnya. Pasir dan kerikil yang mengelilingi kawah tersebut juga memiliki warna nuansa putih. Inilah semua yang menyebabkan kenapa tempat ini disebut Kawah Putih.

Rute Perjalanan Ke Kawah Putih

Untuk mencapai Kawah Putih, Anda dapat keluar di gerbang tol Kopo dari jalan tol Padaleunyi. Belok ke kanan menuju ke selatan Bandung, daerah Ciwidey. Kurang lebih 20 – 30 menit dari Ciwidey, Anda akan menemukan gerbang masuk di sebelah kiri jalan. Disarankan Anda  menggunakan kendaraan bermotor untuk mencapai Kawah Putih karena jalan menuju Kawah Putih cukup jauh, sulit dan menanjak kurang lebih 5,6 km. Kendaraan pribadi diizinkan untuk masuk sampai ke kawasan parkir yang lokasinya dekat dengan kawah. Apabila Anda pergi bersama rombongan, kendaraan besar seperti bis dapat parkir di dekat gerbang masuk dan naik ke kawasan kawah menggunakan shuttle yang tersedia. Jalan yang sempit tidak memungkinkan bagi kendaraan besar atau bis untuk naik ke atas.

Untuk menuju Kawah Putih menggunakan angkutan umum, Anda dapat mengikuti petunjuk ini : pergi ke Terminal Leuwipanjang cari angkutan Elf yang menuju ke Ciwidey. Sesampai di Terminal Ciwidey, Anda dapat menggunakan angkutan kota menuju ke Kawah Putih (angkutan kota berwarna kuning).

Jam operasional dari Kawah Putih dari pukul 7 pagi sampai dengan 5 sore, setiap hari.

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini seperti tempat parkir, transportasi umum ke area kawah, pusat informasi, dan warung makan.

Sedikit tips bagi Anda yang mau berkunjung ke Kawah Putih :

  • Jangan lupa bawa baju hangat/jaket dan payung karena cuaca yang mudah berubah, bisa tiba-tiba dingin dan turun hujan
  • Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda dalam keadaan prima karena perjalanan menuju kawah dari gerbang masuk cukup terjal dan berkerikil.
  • Turuti peraturan lokal dan jangan buang sampah sembarangan

Nah, bagaimana apakah anda akan berkunjung ke Kawah Putih ? Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Kawah Putih, segeralah berlibur kesana bersama Keluarga pasti gak akan nyesel deh….

Skills

,

Posted on

November 4, 2015

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Ada yang bisa saya bantu ?

Call Now